Skip Navigation LinksUPJP-Kamojang-Gelar-Forum-Warga-Mitra-Binaan-Kampung-Pelag

 UPJP Kamojang Gelar Forum Warga Mitra Binaan Kampung Pelag

Garut, 18 Januari 2018 - PT. Indonesia Power UPJP Kamojang gelar diskusi bersama tokoh masyarakat kampung Pelag untuk perencanaan program unggulan potensi kampung Pelag pada 2018 di kampung Pelag Desa Sukalilah Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Garut. Forum juga dihadiri Kepala Madrasah Ibtidaiyyah Al jamila, Ketua Yayasan Al jamila serta pihak Posyandu Kampung Pelag. Kunjungan ini merupakan kunjungan pertama di 2018. Kampung Pelag merupakan kampung binaan dari PT. Indonesia Power UPJP Kamojang sejak 2011 lalu dengan mengembangkan berbagai bidang baik pendidikan yaitu Madrasah Ibtidaiyyah Al Jamila, di bidang kesehatan yaitu Posyandu Sukamaju Pelag dan di bidang ekonomi yaitu koperasi. 

Bidang pendidikan dimana yang tadinya masyarakat hampir 90% buta huruf sekarang menjadi peduli pendidikan dibuktikan dengan telah menjadi sarjana 6 orang masyarakat asli kampung Pelag. Selain itu, Dalam jangka 7 tahun pengembangan Kampung Pelag Mandiri khususnya di bidang pendidikan sangat cepat, MI Al jamila kini sudah memiliki 156 siswa dengan 12 pengajar, siswanya pun berprestasi diantaranya yaitu juara tiga pada olimpiade Fisika se Kabupaten Garut. Kepedulian masyarakat kampung Pelag kini juga makin tinggi terbukti dengan banyaknya anak di kampung Pelag yang melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu SMP 99 orang dan SMA 15 orang.

Perencanaan program yang akan dibentuk dan dikembangkan pada 2018 ini adalah kesejahteraan masyarakat berbasis koperasi yang sudah dibentuk dan bekerja sama dengan Universitas Garut. Pembentukan koperasi ini juga tidak lain untuk kemajuan kampung Pelag yang lebih mandiri. Selain itu, potensi yang dimiliki kampung pelag yaitu kopi Java Preanger. Kopi Java preanger merupakan salah satu kopi unik dan khas kampung pelag dimana varietas kopi ini yang jarang di temui di tempat lain namun tumbuh di kampung Pelag sehingga berpeluang besar jika dikembangkan lebih jauh. Kopi java preanger ini juga sudah memiliki pasarnya tersendiri, oleh karenanya PT. Indonesia Power UPJP Kamojang akan ikut mendorong pengembangan kopi Java Preanger di kampung pelag. 

Di bidang infrastruktur juga perkembangannya sangat baik, akses jalan menuju kampung pelag kini lebih baik, di tahun 2011 akses jalan sangat buruk bahkan mobil tidak dapat mengakses jalan di kampung Pelag. Namun sekarang, sudah dapat dilalui dengan baik bahkan oleh truk untuk mengangkut panen warga.Dengan pembenahan di berbagai bidang, Heri Hermawan selaku SpS Keamanan & Humas UPJP Kamojang menyampaikan harapan besarnya bahwa program pemberdayaan kampung pelag akan sejalan dengan program perusahaan dan lebih mandiri di bidang ekonomi dengan koperasi dan khususnya pengembangan kopi java preanger.

  • UJP Lontar Gelar Santunan dan Doa Bersama anak yatim

  • UJPBSR Berikan Bantuan CSR Bedah Rumah di Desa Salira

  • Pengolahan Produk Perikanan, UJH Buat Warga Ekonomi Mandiri