Skip Navigation LinksPOWERING-INDONESIA-HERITAGE,-KAMPOENG-BATIK-PALBATU

 POWERING INDONESIA HERITAGE, KAMPOENG BATIK PALBATU

Memasuki kerjasama ditahun ketiga antara PT Indonesia Power Kantor Pusat dan mitra binaannya Kampoeng Batik Palbatu,  dalam melestarikan dan mengembangkan batik,  telah berkembang menjadi kawasan wisata edukasi batik di Jakarta. Sebuah destinasi wisata yang dikhususkan untuk mengangkat seni dan budaya batik yang telah diakui oleh dunia melalui UNESCO, badan PBB yang mengurusi pendidikan, ilmu pengetahuan dan budaya, sejak tahun 2009 lalu.

Kerjasama Kampoeng Batik Palbatu dengan PT. Indonesia Power diawali pada tahun 2013 dengan bantuan yang diberikan oleh PT. Indonesia Power berupa dana untuk pengadaan peralatan membatik seperti canting, kompor, wajan dan peralatan membatik lainnya. Selain itu, PT. Indonesia Power juga membantu pendanaan untuk pembuatan website Kampoeng Batik Palbatu sarana promosi dan internet marketing. Selain itu, PT Indonesia Power juga memberikan dukungan pada penyelenggaraan kegiatan kreatif Ngebatik Sekampung yang mengangkat berbagai kegiatan seperti, Belajar Membatik, Workshop Membatik, Lomba Membatik, Talk Show, Kegiatan Ngebatik di Jalan, Kegiatan Ngebatik di Dinding dan lain sebagainya.

Tahun 2014, PT. Indonesia Power mencanangkan Rumah Batik Palbatu sebagai gerai promosi dan display produk batik mitra binaan PT. Indonesia. Power, Eduwisata Sekolah sekitar Kantor Pusat PT. Indonesia Power dan Memeriahkan Perayaan Hari Ulang Tahun ke-19 PT. Indonesia Power. Tahun depan, PT. Indonesia akan membantu Kampoeng Batik Palbatu untuk mendirikan Koperasi Batik Palbatu dan membantu penambahan jumlah gerai batik. Selain itu, PT. Indonesia Power juga mendorong Kampoeng Batik Palbatu melalui Sekolah Batik Palbatu sebagai pusat keterampilan batik di Jakarta. PT. Indonesia Power juga akan membantu pengembangan Sekolah Batik Palbatu menjadi Akademi Batik Jakarta. Dan kembali mendukung penyelenggaraan kegiatan kreatif Ngebatik Sekampung 2 sebagai upaya mempromosikan batik kepada generasi muda dan juga warga Jakarta.


Tahun 2015 ini direncakan untuk pembentukan koperasi Batik Palbatu dan penambahan gerai batik. Pada tahun 2016, PT. Indonesia Power akan mendorong Kampoeng Batik Palbatu agar mandiri dan dapat mengembangkan program-programnya untuk peningkatan ekonomi warganya. Road Map akan ditutup dengan Exit Strategy pada tahun 2017 dengan menjadikan Kampoeng Batik Palbatu sebagai Flagship program unggulan dan pengajuan sebagai Nominasi untuk Indonesia CSR Awards 2017.

Tujuan dari Kampoeng Batik Palbatu sendiri yaitu menjadikan media dan destinasi wisata edukasi batik yang mampu memberikan kontribusi melestarikan batik dan pengembangan pariwisata di Jakarta.

Melalui komitmennya dalam pelestarian dan pengembangan batik Jakarta, PT Indonesia Power memberikan dukungan penuh terhadap program-program Kampoeng Batik Palbatu, yaitu Edukasi berupa Sekolah Batik Palbatu, gerai penjualan berupa Rumah Batik Palbatu dan workshop produksi kain Batik Jakarta dengan motif Palbatu dengan brand Batik Palbatu.

PT Indonesia Power juga memberikan dukungan berupa pembuatan papan nama Rumah Batik Palbatu berikut penunjuk arah menuju ke Rumah Batik Palbatu yang ditempatkan dibeberapa titik dilingkungan Kampoeng Batik Palbatu.

Dengan adanya penunjuk-penunjuk arah ini akan semakin memudahkan pengunjung untuk mencapai lokasi Rumah Batik Palbatu yang berlokasi di Jl. Palbatu IV No. 17 Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan.

Keunikan Kampoeng Batik Palbatu semakin sering diangkat ke layar televisi oleh hampir semua media mainstream di Indonesia. Hal ini sebagai bukti bahwa sinergi Kampoeng Batik Palbatu dan PT Indonesia Power mampu menarik minat media untuk menyebarluaskan upaya pelestarian dan pengembangan batik kepada masyarakat luas.


Alamat :

Rumah Batik Palbatu

Jl. Palbatu IV No. 17 Menteng Dalam

Tebet, Jakarta Selatan

Phone              : 021 – 6064 0572

Mobile             : 0877 8167 1384, 0878 8817 9080 (Bapak Harry)

Website           : www.kampoengbatikpalbatu.com

E-mail`             : kampoengbatikpalbatu@gmail.com


  • Binaan UP Saguling Kembali Meraih Penghargaan

  • PT Indonesia Power Mendukung Program Citarum Harum Sektor IX

  • PT. Indonesia Power UPJP Kamojang Tabur Benih Budidaya Ikan Nila bersama HAPPI PT. Indonesia Power UPJP Kamojang