Skip Navigation LinksPENGEMBANGAN-MASYARAKAT-PESISIR-DALAM-BUDIDAYA-KUDA-LAUT

 PENGEMBANGAN MASYARAKAT PESISIR DALAM BUDIDAYA KUDA LAUT

Dalam rangka perbaikan lingkungan pesisir disekitar pembangkit, PT Indonesia Power UPJP Bali melakukan program konservasi pesisir dan pengembangan masyarakat pesisir. Untuk mendukung kesejahteraan para nelayan, dilakukan diversifikasi kegiatan ekonomi seperti pengembangan ekowisata, perbaikan terumbu karang serta budidaya ikan dan tanaman hias dan konservasi terumbu karang di Desa Serangan, Kecamatan Denpasar Selatan.

Maksud dan tujuan dari kegiatan tersebut yaitu sebagai wujud dari visi perusahaan, yaitu menyelenggarakan bisnis pembangkitan tenaga listrik dan jasa terkait yang bersahabat dengan lingkungan. Selain itu juga merupakan bentuk implementasi CSR perusahaaan guna mendukung perusahaan dalam menjalankan usahanya. Dan tidak kalah penting memiliki tujuan yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan dan merubah pola pikir masyarakat terhadap lingkungan sekitarnya.

Dari maksud dan tujuan tersebut maka diharapkannya adanya objek wisata bahari. Sehingga menumbuhkan mata pencaharian alternatif terutama bagi nelayan ikan hias yaitu dengan wisata bahari, memberikan edukasi untuk masyarakat sekitar terutama untuk para pelajar maupun peneliti kelautan. Serta ikut aktif menjaga keanekaragaman hayati disekitar pembangkitan.

Untuk mencapai tujuan tersebut, ada tahapan kegiatan yang telah dilakukan. Pertama melakukan survey terlebih dahulu kondisi kembang biak kuda laut. Berikutnya melakukan assessment ke kelompok masyarakat, untuk mengetahui mengajak kelompok tersebut terhadap ketertarikan budidaya kuda laut.  Kemudian melakukan berbagai pelatihan, yaitu pembuatan penangkaran kuda laut, pembuatan media penangkaran kuda lau dan pengembang biakannya serta melakukan pemeliharan dan monitoring secara berkelanjutan. Sehingga terciptanya wisata bahari, penglepasan kuda lau, karang asuh dan wahana olahraga laut.

Penerima manfaat dari program tersebut adalah kelompok Nelayan Pesisir Karya Segara yang langsung melakukan konservasi ikan kuda laut dan terumbu karang. Dengan adanya mata pencarian alternatif  tersebut, maka dapat menyerap lebih tenaga kerja. Sehingga tidak lagi sekedar menangkap ikan, mengeksploitasi terumbu karang sampai habis.

Selain kelompok Nelayan Pesisir Karya Segara, masyarakat dan nelayan  pada umumnya juga merasakan manfaatnya dengan kegiatan konservasi tersebut akan membangun kepedulian mereka tentang pentingnya menjaga pasokan mata pencaharian mereka. Sehingga pola pikir tersebut akan merubah tingkah laku mereka dari pencari ikan belajar menjadi peternak ikan. Hal tersebut akan memperkaya budidaya ikan hias di daerah mereka.

Dari usaha yang telah dilakukan tersebut, PT Indonesia Power berhasil dianugerahi Penghargaan Platinum untuk Pengembangan Masyarakat Pesisi dalam Budidaya Kuda Laut di Desa Serangan Kecamatan Denpasar Selatan, Bali.


  • PEDULI KESEHATAN DAN LINGKUNGAN SEJAK DINI

  • PT. Indonesia Power UPJP Kamojang Tabur Benih Budidaya Ikan Nila bersama HAPPI PT. Indonesia Power UPJP Kamojang

  • UP Mrica Gelar Doa Bersama Anak Yatim