Skip Navigation LinksPANEN-PERDANA-PADI-ORGANIK-SUBAK-ANGGABAYA-DENPASAR-TIMUR-BINAAN-PT-INDONESIA-POWER-UNIT-PEMBANGKITAN-BALI

 Panen Perdana Padi Organik Subak Anggabaya Denpasar Timur Binaan PT Indonesia Power Unit Pembangkitan Bali


Denpasar- Direktur Pengembangan dan Niaga PT Indonesia Power, Adi Supriono dan Kepala Dinas Pertanian yang mewakili Walikota Denpasar melakukan Panen Perdana Padi Organik di Subak Anggabaya Denpasar Timur didampingi oleh General Manager Unit Pembangkitan Bali, IGAN Subawa Putra bersama dengan, Kepala BLH Provinsi Bali, Kepala DLHK Kota Denpasar, Camat Denpasar Timur, Lurah dan perangkat Desa Pekaseh, serta Karyawan/wati Unit Pembangkitan Bali, jumat (24/11). Panen padi ini merupakan hasil dari proses kerja sama dan sinergi yang baik PT Indonesia Power UP Bali, Pemerintah Kota Denpasar dan Subak Anggabaya. Salah satu upaya yang dilakukan oleh PT. Indonesia Power UP Bali adalah bantek budidaya tanaman padi dengan teknik System of Rice Intensification (SRI) yang dikombinasikan dengan Jajar Legowo 2:1, 4:1, dan 6:1 serta penggunaan pupuk organik. Salah satu tujuannya adalah mendorong dan memotivasi petani untuk terus menekuni bidang pertanian dengan mengubah pola tanam lama yang bersifat full-kimia untuk berangsur kembali ke pola tanam organik secara bertahap.

Dalam sambutannya, Adi Supriono menyatakan Kegiatan ini merupakan program Community Development dari PT. Indoensia Power UP Bali sebagai salah satu wujud kepedulian Sosial terhadap upaya meningkatkan kesejahteraan petani dan mewujudkan ketahanan pangan yang pada akhirnya mampu mewujudkan kemandirian pangan khususnya beras.

Para petani yang selama ini mengandalkan pupuk dan pestisida kimia kini telah memperoleh pengalaman baru budidaya padi perlakuan organik dan pemahaman mengenai dampak negatifnya. Kondisi tersebut telah mendorong meningkatnya jumlah petani yang berkomitmen untuk mengimplementasikan perlakuan organik dalam bertani padi. Kedepan, diharapkan keberhasilan-keberhasilan dalam demplot-demplot pertanian dapat diimplementasikan pada tataran area yang lebih luas sehingga dapat mempercepat terwujudnya ketahanan pangan di Kota Denpasar.
 
“Kami optimis bahwa pengembangan program pertanian organik yang terintegrasi nantinya akan mampu meningkatkan kinerja sektor pertanian seiring dengan adanya musim panen komoditas padi di Kota Denpasar yang pada gilirannya akan meningkatkan kesejahteraan petani”, tegasnya.


  • MEMBUKA JENDELA DUNIA DI LERENG PAPANDAYAN

  • PT Indonesia Power UJP Pelabuhan Ratu Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

  • PT Indonesia Power Mendukung Program Citarum Harum Sektor IX