Skip Navigation LinksMEMBUKA-JENDELA-DUNIA-DI-LERENG-PAPANDAYAN

 MEMBUKA JENDELA DUNIA DI LERENG PAPANDAYAN

Kampung Pelag adalah sebuah kampung kecil berpenduduk 860 jiwa, terletak di lereng Gunung Papandayan, Kawasan Konservasi Gunung Papandayan dan wilayah Perhutani. Kondisi ini membatasi akses kepada lahan dan memberikan sedikit sekali peluang bagi warganya. Pada tahun 2010, 17% penduduk terkategori miskin dan sangat miskin dan 35% penduduknya niraksara.

Di kabupaten yang sama, Indonesia Power mengoperasikan PLTP Darajat sejak tahun 1982, yang dibangun di Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut. Bersebelahan dengan Kecamatan Pasirwangi adalah Kecamatan Sukaresmi tempat Kampung Pelag berada. Letak yang relatif berdekatan dan komitmen Indonesia Power untuk mewujudkan tanggung jawab sosial bagi masyarakat di sekitar pembangkit menjadikan Kampung Pelag salah satu lokasi pelaksanaan program InPower-CARE.

Program Menuju Kampung Mandiri adalah program pemberdayaan yang difokuskan pada program pendidikan, kesehatan balita, pemberdayaan ekonomi serta infrastruktur. Program ini disusundalam sepanjang 2011-2017, dalam enam tahapan kegiatan, yang pelaksanaannya bekerja sama dengan akademisi dan yayasan sosial yang ada di Kota Garut.

Di bidang pendidikan, sejak tahun 2011, telah dilaksanakan pendidikan keaksaraan fungsional dan pada 2012 mulai dibangun ruang kelas baru di madrasah yang dikelola oleh Yayasan Al Jamiila. Pada tahun 2014, sekolah dasar yang dibangun ini telah meluluskan 38 anak untuk pertama kalinya. Bantuan lain yang diberikan kepada sekolah meliputi komputer dan perlengkapan sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Pemberdayaan ekonomi dilakukan dengan memberdayakan keanekaragaman hayati lokal untuk dibudidayakan oleh masyarakat setempat. Dimulai pada tahun 2013, Indonesia Power memfasilitasi masyarakat untuk menanam kopi Java Preanger, sebuah varian kopi yang sangat terkenal dengan sebutan ‘Secangkir Jawa’ di Eropa. Hingga 2014, sebanyak 40.000 dari target 100 ribu bibit kopi telah ditanam dari tiga indukan kopi Java Preanger yang berusia ratusan tahun yang tumbuh di Kampung Pelag itu sendiri. Selain itu, kami juga memfasilitasi masyarakat untuk beternak domba Garut yang merupakan varietas domba unggul di Indonesia.


Di bidang kesehatan, masyarakat membangun Posyandu Sukamaju Pelag sebagai pusat pemeriksaan dan kampanye kesehatan, khususnya bagi ibu dan balita. Infrastruktur yang dibangun meliputi pipa air bersih dan jalan.

Hal yang penting dalam program ini adalah inisiatif dari masyarakat untuk membentuk Forum Komunikasi Masyarakat Pelag yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat dan Indonesia Power sendiri. Forum ini dibentuk untuk mewadahi komunikasi, mengawasi program dan memastikan tidak terjadinya konflik kepentingan dalam pengembangan Kampung Pelag.


  • ONE DROP TO POWER LIFE

  • Berkolaborasi dengan STT PLN dan Pemkab Klungkung, IP Gelar Seminar Waste Management dan Waste to Energy

  • Indonesia Power Inisiasi Gerakan Coastal Clean Up