Skip Navigation LinksKonservasi-Pesisir-Laut,-UPJP-Perak-Grati-Lakukan-Penanaman-9.000-Bibit-Mangrove

 Konservasi Pesisir Laut, UPJP Perak Grati Lakukan Penanaman 9.000 Bibit Mangrove


GRATI – Sebagai wujud nyata kepedulian UPJP Perak Grati terhadap kelestarian lingkungan hidup sekitar, hari ini (30/11) dilakukan kegiatan penanaman mangrove secara bersama-sama yang berlokasi di pesisir laut Dusun Nangger tepatnya di Desa Wates Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan. Kegiatan penanaman ini dipelopori langsung oleh divisi Lingkungan UPJP Perak Grati yang bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pasuruan, FORDAS (Forum Daerah Aliran Sungai) serta seluruh warga Dusun Nangger. Sebanyak 9.000 bibit mangrove siap memadati pesisir laut dusun Nangger dan sekaligus bertujuan dalam mengatasi abrasi di sepanjang garis pantai.

Mangrove merupakan jenis tanaman dengan perakaran yang kompleks, rapat dan lebat sehingga dapat menangkap sisa-sisa bahan organik dan endapan yang terbawa air laut dari bagian daratan. Dan secara fungsi fisik, mangrove dapat menjaga garis pantai agar tetap stabil, melindungi pantai dari abrasi dan intrusi air laut, peredam gelombang dan badai, penahan lumpur, penangkap sedimen, pengendali banjir, mengolah bahan limbah, memelihara kualitas air, penyerap CO2 dan penghasil O2 serta mengurangi risiko terhadap bahaya tsunami.

Sedangkan secara fungsi biologis, mangrove merupakan habitat alami/tempat tinggal serta daerah untuk mencari makan (feeding ground) dan daerah pemijahan (spawning ground) bagi organisme/ berbagai biota laut yang hidup di padang lamun ataupun terumbu karang. Dalam kegiatan penanaman mangrove yang dilakukan ini, Mila Tartiarini selaku perwakilan manajemen PT Indonesia Power UPJP Perak Grati juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang turut terlibat dalam aksi peduli lingkungan yang dilakukan. “Kami mewakili PT Indonesia Power menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan penanaman mangrove kali ini. Penanam ini merupakan kegiatan yang sudah dilakukan sejak tahun 2007 oleh UPJP Perak Grati hingga sekarang, semoga penanaman mangrove ini dapat membantu dalam  mengatasi bahaya abrasi pantai dan dapat menjaga kelestarian lingkungan hidup yang ada” tambahnya.
 
Sugiarto, selaku perwakilan dari FORDAS juga menuturkan “Terima kasih kami sampaikan kepada PT Indonesia Power UPJP Perak Grati atas seluruh wujud kepeduliannya terhadap kelestarian dan keberlangsungan Lingkungan hidup di wilayah sekitar. Dan kami berpesan kepada seluruh warga untuk dapat menjaga dengan baik dan semoga kedepan mampu meningkatkan kehidupan sosial seluruh warga, dengan keadaan lingkungan yang baik semuanya akan berjalan dengan baik pula” ujarnya dalam sela-sela sambutannya. Kegiatan penanaman mangrove ini merupakan wujud konservasi pesisir laut dan sekaligus implemetasi program Hijaunesia Power Peduli Planet yang dimiliki oleh PT Indonesia Power untuk terus menjaga dan melestarikan lingkungan hidup sekitar.

  • MEMBANGUN KARAKTER KAUM MUDA

  • Pemkab Jembrana Kunjungi TOSS CSR UP Bali

  • Forum Kemitraan Polisi Dan Masyarakat DI Unit Pembangkitan Bali