Skip Navigation LinksBerantas-TBC,-Melalui-Pengobatan-Khusus-dan-Pengendalian-Siklus-Penyebarannya

 Berantas TBC, Melalui Pengobatan Khusus dan Pengendalian Siklus Penyebarannya

GRATI (22/3) – Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat sekitar, melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), UPJP. Perak Grati memberikan pelayanan konseling sekaligus pengobatan secara gratis kepada penderita penyakit Tuberkulosis (TBC) yang tersebar di 11 Desa, Kecamatan Lekok. Bekerjasama dengan Puskesmas Kecamatan Lekok, Pengobatan Khusus dan konseling penyakit TBC dapat terlaksana dengan baik di ring terdekat perusahaan PT. Indonesia Power UPJP. Perak Grati.

TBC menjadi isu utama penyakit yang ada di kalangan masyarakat Kecamatan Lekok, bahkan memerlukan perhatian lebih. Melalui penyebaran undangan yang disampaikan kepada masyarakat sekitar UPJP. Perak Grati, sebanyak 42 penderita TBC telah hadir untuk mengikuti serangkaian kegiatan sosialisasi dan konseling yang diberikan Tim Dokter Puskesmas Kecamatan Lekok. Tidak hanya itu, mereka juga mendapatkan pengobatan terkait penyakit TBC, dan kesemua hal tersebut diberikan secara gratis. Dr.Wahyu Widya Asmara selaku Kepala Puskesmas Kecamatan Lekok menyampaikan bahwa penyakit TBC perlu adanya penanganan yang serius, sehingga masyarakat dapat terbebas dari TBC.

Pendapat Dr. Wahyu tersebut didukung oleh data WHO (World Health Organization) yang menyatakan bahwa TBC termasuk ke dalam 10 besar dari penyakit yang menyebabkan kematian. Meskipun demikian, bukan berarti penyakit tersebut tidak dapat disembuhkan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang mudah terjangkit penyakit TBC, diantaranya faktor kekebalan tubuh yang rendah – seseorang dengan HIV dan AIDS rentan terkena penyakit tersebut. Selain itu, kebiasaan buruk seseorang seperti perokok berat, mengkonsumsi obat-obatan terlarang, dan bahkan kebebasan dalam ‘bergaul’ juga dapat menjadi penyebab penularan penyakit tersebut. “Berhenti merokok sangat membantu untuk menjaga kesehatan paru-paru kita. Memang tidak mudah bagi pecandu, tetapi dengan tekad untuk hidup sehat, masa depan yang panjang, hal tersebut bukanlah hal yang sulit dilakukan”, ujar Dr. Wahyu memberikan nasehat kepada masyarakat yang hadir. “Dan Kami berterimakasih kepada PT Indonesia Power UPJP Perak Grati yang telah mendukung kegiatan sosialisasi, konseling, dan pengobatan gratis serta Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk penderita TBC di masyarakat Lekok”, imbuh Kepala Puskesmas Kecamatan Lekok tersebut menutup kegiatan.

Semoga dengan adanya kegiatan ini, dapat membantu mengurangi Prosentasi penderita TBC sehingga dapat meminimalisir penyebaran penyakit TBC di Kecamatan Lekok, Selain itu masyarakat juga diharapkan semakin sadar untuk menyayangi diri sendiri dan keluarganya dengan menjaga kesehatan. Ayo, Berantas TBC.​

  • Peduli Sesama Yang Membutuhkan, UPJP Perak Grati Gelar Kegiatan Donor Darah

  • PT Indonesia Power UJP Pelabuhanratu Berikan Beasiswa Kepada Siswa SMAN 1 Pelabuhanratu

  • PT Indonesia Power UJP Pelabuhan Ratu Serahkan Bantuan Fasilitas Kesehatan