Skip Navigation LinksPT.-Indonesia-Power-Setup-Tata-Kelola-Pembangkit-berbasis-Maximo-PT.-PLN-(Persero)-Wilayah-Papua-dan-Papua-Barat

 PT INDONESIA POWER SETUP TATA KELOLA PEMBANGKIT BERBASIS MAXIMO PT PLN (PERSERO) WILAYAH PAPUA DAN PAPUA BARAT

JAYAPURA - PT Indonesia Power bersama PT PLN (Persero) Wilayan Papua dan Papua Barat lakukan Setup tata kelola pembangkit berbasis maximo, monitoring pembangkit dan pengendalian operasi pembangkit secara terpusat (POPST). Sebagai wilayah paling timur di Indonesia, Propinsi Papua dan Papua Barat juga dituntut untuk mengikuti perkembangan industry pada saat ini. Tidak terkecuali PT. PLN (Persero) Papua dan Papua Barat.

Kerja sama dilakukan sejak Juni 2015 sampai dengan saat ini, terkait Supporting Jasa Operation dan Maintenace Di PLTU Holtekamp. Dan dilanjutkan dengan Supporting Jasa Setup Tata Kelola Pembangkit di PLTA Orya Genyem, mulai November 2017 sampai dengan saat ini. Dalam hal memasuki Era Industri 4.0, PT. PLN P2B menggandeng PT. Indonesia Power untuk melakukan Setup dan Implementasi Maximo di PT. PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat.

Maximo adalah suatu software aplikasi yang berfungsi untuk melakukan managerial pada suatu Asset, agar dapat bekerja dan berfungsi sebagai mana mestinya dan mengoptimalkan kinerja dari asset tersebut. Maximo ini meliputi beberapa aspek bidang diantaranya, Operasi, Maintenance, Engineering, Logistik, Finance dan Historical Sistem Peralatan. Manfaat dari pengimplementasian Maximo diantaranya adalah:
1. Asset register jelas dan lebih terorganisir
2. Sistem pemeliharaan menjadi effisien
3. Data engineering lebih optimal
4. Peningkatan Aset Return On Investment
5. Mengurangi biaya dan risiko
6. Peningkatan produktivitas dan efisiensi
7. Lebih baik dalam pengambilan keputusan aset terkait
8. Peningkatan respon
9. Kegiatan kepatuhan terhadap peraturan Efisien

Setup dilakukan pada beberapa Asset milik PT. PLN P2B yang dilakukan sejak Agustus 2018 dan Go Live pada tanggal 26 Februari 2019. Setup ini meliputi infrastruktur dan software di lokasi:
1. Kantor PLN Wilayah Papua dan Papua Barat
2. Kantor PLN Sektor Papua dan Papua Barat
3. Kantor Pembangkitan PLTA Orya Genyem
4. Kantor Pembangkitan PLTD Waena
5. Kantor Pembangkitan PLTD Yarmoukh

Dengan telah dilakukannya Go Live pada Maximo PT. PLN P2B, maka secara resmi PT. Indonesia Power telah berkontribusi pada sistem kelistrikan di Provinsi Papua dan Papua Barat tidak hanya dalam bidang Pembangkitan tetapi dalam “Sistem Monitoring Pembangkit dan Pengendalian Operasi Pembangkit Secara Terpusat (POPST)” PT. PLN P2B.


Contact Person:
IGAN SUBAWA PUTRA
SEKRETARIS PERUSAHAAN PT INDONESIA POWER
subawa.putra@indonesiapower.co.id
HP: 08123887780


Keterangan Pers Lainnya

  • INDONESIA POWER WUJUDKAN KOMITMEN NYATA PERUSAHAAN TERHADAP UPAYA PENGENDALIAN PENCEMARAN LINGKUNGAN

  • PT INDONESIA POWER DAN PEMKAB KUBU RAYA SEPAKAT IMPLEMENTASIKAN PROGRAM IP PINTAR

  • PLTA RAJAMANDALA SIAP SUPLAI LISTRIK JAWA-BALI