Skip Navigation LinksPT-INDONESIA-POWER-BERSAMA-KLHK-APLIKASIKAN-PLASMA-NANO-BUBLE--DUKUNG-ASIAN-PARALYMPIC-GAMES-2018

 PT INDONESIA POWER BERSAMA KLHK APLIKASIKAN PLASMA NANO BUBLE DUKUNG ASIAN PARALYMPIC GAMES 2018

Direktur Operasi I, M. Hanafi Nur Rifai bersama Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KLHK, M.R. Karliansyah, M.S. secara simbolik meresmikan pengaplikasian Plasma Nano Bubble di Kali Item Jakarta Utara, Kamis 4 Oktober 2018.

PT Indonesia Power melalui salah satu Unitnya yaitu UPJP Priok bersama dengan KLHK mengaplikasikan Plasma Nano Bubble di Kali Item Jakarta Utara yang Kondisinya saat ini sangatlah memprihatinkan. Air kali sudah menghitam karena banyaknya limbah rumah tangga serta sampah menumpuk disana. Hal ini menyebabkan bau yang tidak menyenangkan. Dampak aliran kali item ini  bermuara ke pantai utara dan melalui Wisma Atlet Kemayoran yang ditempati tamu perhelatan Asian Games XVIII 2018 lalu dan Asian Paralympic Games 2018 mendatang.

Selain isu lingkungan, kondisi air yang bau dan hitam di Kali Item, tentunya akan terlihat dan tercium oleh para atlet yang tinggal di Wisma Atlet Kemayoran selama perhelatan Asian Games. Dan ini akan merugikan Indonesia pada umumnya serta DKI Jakarta pada khususnya. Selain para atlet, masyarakat sekitar Kali Item terkena dampak yang sama terutama segi kesehatan.

Atas komitmen kuat dari PT Indonesia Power bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bekerja sama dengan Dinas Sumber Daya Air (DSDA) DKI Jakarta maka dilakukanlah penerapan teknologi Plasma Nano Bubble ini.

Plasma Nano Bubble sebagai salah satu teknologi aplikatif dalam mengembalikan kondisi Kali Item dalam hal ini diutamakan untuk antisipasi cepat penanganan bau dan warna hitam yang menjadi fokus utama dalam remediasi Kali Item dan fokus kedua pada perhelatan Asian Games XVIII 2018. Pemasangan unit Plasma Nano Bubble selama Asian Games telah menunjukkan hasilnya dengan penurunan bau dan peningkatan kualitas air Kali Item.

Untuk lebih mensukseskan program remediasi Kali Item tersebut masih diperlukan Unit Plasma Nano Bubble dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan sepanjang Kali Item. Saat Ini baru ter-install sebanyak 6 unit  dan masih dibutuhkan hingga 20 unit agar dapat mengembalikan kondisi kualitas air Kali Item.

"Komitmen kami untuk senantiasa mendukung program Lingkungan hidup pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan juga untuk mensukseskan Asian Paralympic Games 2018, sebagai salah satu upaya ini, kami UPJP Priok turut berkontribusi nyata dalam program remediasi Kali Item dengan memfasilitasi 4 unit Plasma Nano Bubble buatan LIPI untuk mengembalikan kualitas air Kali Item dengan menghilangkan bau" ungkap Rachmad Handoko General Manajer PT Indonesia Power UPJP Priok.

 

 

Contact Person:

RACHMAD HANDOKO

GENERAL MANAJER PT INDONESIA POWER UPJP PRIOK

rachmad.handoko@indonesiapower.co.id

HP:  081386383083

Keterangan Pers Lainnya

  • PLTA RAJAMANDALA SIAP SUPLAI LISTRIK JAWA-BALI

  • PT INDONESIA POWER DAN PEMPROV BABEL SEPAKATI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA ALAM DAN SUMBER ENERGI TERBARUKAN

  • LAGI, INDONESIA POWER LAKUKAN AKSI NYATA DALAM PROGRAM PELESTARIAN LINGKUNGAN