Skip Navigation LinksPLTU-Jeranjang-Punya-JOSS

 KETERANGAN PERS No. 06/RELEASE/IP/2020

PLTU Jeranjang Punya JOSS

Jeranjang - Program pengolahan TOSS yang sebelumnya sukses dikembangkan di Bali, diduplikasi di Lombok dengan inisiasi sinergi dari Indonesia Power, PLN UIW NTB, dan Pemerintah Provinsi NTB dalam bentuk penandatangan Kesepakatan Bersama pada 23 Januari 2020. Sinergi pengolahan sampah diwujudkan dalam program JOSS (Jeranjang Olah Sampah Setempat) dengan mengolah sampah menjadi pelet RDF (Refuse Derived Fuel) sebagai bahan bakar Cofiring PLTU Jeranjang.

Inisiasi pengembangan pengolahan sampah yang berlokasi di TPA Kebon Kongok sejalan dengan konsep Zero Waste yang digalakkan oleh Pemerintah Provinsi NTB. Pengolahan sampah dilakukan langsung oleh pengelola TPA Kebon Kongok Pemerintah Provinsi NTB dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup Provinsi NTB dengan pendampingan pengolahan sampah langsung oleh Indonesia Power termasuk dengan peminjaman alat pencacah sampah dan pencetak pelet serta pendampingan dan pelatihan pengolahan sampah menjadi pelet RDF.

Rencana ke depan, mesin pencacah dan pencetak pelet akan dikembangkan dengan skala yang lebih besar dan melibatkan partisipasi masyarakat sekitar dalam pengolahan sampah menjadi pelet sehingga dapat memenuhi kebutuhan cofiring pelet-batubara PLTU Jeranjang.

Contact Person:

IGAN SUBAWA PUTRA

CORPORATE SECRETARY PT INDONESIA POWER

subawa.putra@indonesiapower.co.id

HP: 08123887780

Keterangan Pers Lainnya

  • KETERANGAN PERS No.14/RELEASE/IP/2020

  • KETERANGAN PERS No. 13/RELEASE/IP/2020

  • KETERANGAN PERS No. 08/RELEASE/IP/2020