Skip Navigation LinksKiprah-Indonesia-Power-Untuk-Pengembangan-Energi-Baru-Terbarukan-Di-Kepulauan-Maluku

 KETERANGAN PERS No. 54/RELEASE/IP/2019

Kiprah Indonesia Power untuk Pengembangan Energi Baru Terbarukan di Kepulauan Maluku

Ambon - (12/11) Indonesia Power dan Electricite de France (EDF) serta beberapa Pemerintah Kabupaten di Provinsi Maluku menandatangani MoU pengembangan proyek Minigrids untuk suplai kelistrikan pulau-pulau kecil di Indonesia. Penandatanganan MoU ini dilakukan di kantor Gubernur Maluku. Minigrids Energi Baru Terbarukan akan dikembangkan di Kabupaten Kepulauan Aru, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Kabupaten Maluku Utara dan Kabupaten Maluku Tengah.

Tahap survei sudah dilakukan dan dapat disimpulkan area-area tersebut sangat memerlukan listrik. Potensi sumber daya setempat yang dapat dimanfaatkan antara lain: tenaga matahari, tenaga biomassa dan tenaga angin. Saat ini, listrik di daerah tersebut menggunakan genset yang disediakan oleh PLN, tetapi di lain sisi ada kelemahan atau kekurangan yang timbul. Selain harga pokok yang cukup mahal, genset tersebut tidak beroperasi setiap saat melainkan hanya pada malam hari. Hal tersebut tentu menjadi permasalahan tersendiri, karena untuk jangka panjangnya akan menghambat aktivitas dan perkembangan daerah tersebut.

Diharapkan dengan adanya program EBT Minigrids ini, industri setempat seperti perikanan, pendidikan dan ekonomi masyarakat dapat meningkat. "Indonesia Power akan dorong perkembangan kelistrikan di Maluku dengan memanfaatkan potensi sumber daya yang ada menjadi listrik," tutur Direktur Utama Indonesia Power M. Ahsin Sidqi yang hadir dan menandatangani MoU tersebut.

Plt Asisten I Bidang Tata Pemerintahan Pemerintah Provinsi Maluku, Henri Far-Far yang pada hari itu mewakili Gubernur Maluku, menyampaikan harapannya pada tahun 2020 mendatang adalah semua desa di Maluku sudah teraliri listrik. "Saya kira tantangan tersebut sudah dapat diwujudkan hari ini oleh PT PLN (Persero) bersama dengan Indonesia Power untuk menyediakan listrik bagi masyarakat di Maluku," tuturnya.

 

Contact Person:

IGAN SUBAWA PUTRA

CORPORATE SECRETARY PT INDONESIA POWER

subawa.putra@indonesiapower.co.id

HP: 08123887780

Keterangan Pers Lainnya

  • KETERANGAN PERS No. 57/RELEASE/IP/2019

  • KETERANGAN PERS No. 56/RELEASE/IP/2019

  • KETERANGAN PERS No. 55/RELEASE/IP/2019