Skip Navigation LinksUP-PLTU-Suralaya-Sukses-Melaksanakan-Swakerja-pada-Overhaul-Unit-1-

 UP PLTU Suralaya Sukses Melaksanakan Swakerja pada Overhaul Unit 1

Suralaya – (10/6) UP PLTU Suralaya, salah satu unit pembangkit milik PT Indonesia Power berhasil melakukan re-blading pada Low Pressure Turbin (LP Turbin) dengan sistem swakerja. Ini adalah kali pertama tim teknisi Unit Jasa Pemeliharanan (UJH) mengerjakan sendiri project re-blading pada turbin tersebut. Proses pekerjaan Mean Inspection dan Partial Reblading Unit #1 PLTU Suralaya tahun 2019 ini merupakan upaya UP Suralaya dalam memastikan reliability peralatan utamanya, seperti turbin dan generator memiliki keandalan yang baik dan mampu mendukung kinerja operasional korporasi yang semakin ketat dan menantang.

Langkah tersebut merupakan komitmen dalam rangka alih teknologi dan kompetensi dari project sebelumnya yang dikerjakan oleh Operation Engineer Maintenance oleh pihak ke-tiga MHPS (Mitsubishi Hitachi Power Systems). Dalam kesempatan ini, tim Mitsubishi hanya bertindak sebagai supervisi. Sebuah kolaborasi dan sinergi yang baik antara DIVKIT 1, Engineering Kantor Pusat, UP Suralaya dan UJH sehingga proses perencanaan, persiapan, eksekusi & monitoring sampai dengan proses start-up dan syncron Unit #1 bisa berjalan baik dengan menghemat waktu tujuh hari dari target yang telah ditentukan.

Kesamaan visi dan komitmen rekan-rekan di lapangan bahwa proses ini harus berkualitas & tidak boleh mengalami keterlambatan juga menjadi bagian penting dari keberhasilan overhaul kali ini. Hal ini sesuai dengan kaidah 5ON yaitu (On Time, On Quality, On Scope, On Cost & On Safety). Sehingga Unit #1 PLTU Suralaya yang memiliki kapasitas 400 MW sudah bisa kembali memasok jaringan listrik Jawa-Bali lebih awal dari target waktu penyelesaian. Ke depan, Program Percontohan Overhoul ini, akan disusun bentuk standar kerja baru untuk perbaikan proses Turne Around Manajemen Overhoul.

Prestasi lain juga diukir oleh UP PLTU Suralaya, Unit #3 PLTU Suralaya pada pekan lalu (06/6) telah sukses mencapai Unit 100 Hari Tanpa Trip dan Trouble Pasca Overhoul. "Selamat dan sukses kepada tim UP PLTU Suralaya dan Unit Jasa Pemeliharaan yg telah membangun teamwork dan sinergi yang sangat produktif" tutup M. Hanafi Nur Rifa'i selaku Direktur Operasi I PT Indonesia Power.




Komentar:

Berita Lainnya

  • PLTA Rajamandala Siap Suplai Listrik Jawa-Bali

  • MKI Bersama PLN, IP dan PJCI Gelar FGD Battery Storage

  • PT Indonesia Power dan Pemprov Babel Sepakati Pengembangan Sumber Daya Alam Dan Sumber Energi Terbarukan