Skip Navigation LinksTerbanyak-di-PLN-Group,-5-PLTU-Indonesia-Power-Berhasil-Komersialisasi-Co-Firing

 Terbanyak di PLN Group, 5 PLTU Indonesia Power Berhasil Komersialisasi Co-Firing

​Jakarta - Program co-firing biomassa merupakan salah satu upaya mendukung bauran energi nasional yang telah dicanangkan pemerintah pada tahun 2025. Indonesia Power sebagai anak usaha terbesar milik PT PLN (Persero) terus melakukan peningkatan co-firing di pembangkitnya sesuai roadmap tahun 2025.

Pada tahun 2020 lalu, Indonesia Power telah berhasil melakukan komersial co-firing pada PLTU Jeranjang dan PLTU Suralaya 1-4. Di tahun 2021, keberhasilan berlanjut di PLTU Lontar, PLTU Suralaya 5-7, dan PLTU Labuan. Kegiatan Golive Co-firing dilakukan secara daring yang dihadiri oleh Direktur Bionergi Direktorat Jenderal EBTK Kementerian ESDM, Andriah Feby Misna, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang, Budi Wahyudi, dan Direktur Mega Proyek & EBT PT PLN (Persero), M. Ikhsan Asaad.

Pada kesempatan ini, Direktur Mega Proyek dan EBT PLN, M. Ikhsan Asaad menyampaikan, komersialisasi co-firing PLTU Suralaya 1-4, PLTU Banten 2 Labuan dan PLTU Banten 3 Lontar di masa pandemi adalah terobosan bagus. Golive Co-firing ini menegaskan keberhasilan komersial co-firing Indonesia Power. Dengan penambahan 3 (tiga) pembangkit lagi menunjukkan keseriusan Indonesia Power dalam mendukung program pemerintah dan akan terus dilaksanakan dalam menghijaukan PLTU lain di Indonesia dalam mencapai target EBT di tahun 2025.

Direktur Bioenergi Direktorat Jenderal EBTKE, Andriah Feby Misna mengucapkan selamat, mengapresiasi upaya Indonesia Power, dan mendorong terus implementasi co-firing dalam mencapai target bauran EBT 23% di tahun 2025. Dampak positif sudah nampak dari target walau baru sebesar 11%, jalan masih jauh dan panjang, jalan kita untuk sampai pada target tanpa harus mengelurakan investasi yang besar. Penggunaan batubara ke depan akan terus ditekan, sambil menunggu teknologi dan kombinasi pengunaan co-firing yang tepat. Sertifikasi bahan baku beberapa sudah didapat, lainnya akan menyusul.





Komentar:

Berita Lainnya

  • Indonesia Power Paparkan Potensi Clean Energy di Kelas Perdana Kampus Merdeka

  • Aksi Indonesia Power Berhasil Transplantasi 1.000 Bibit Karang

  • 39 Tahun Beroperasi, PLTP Kamojang Konsisten Andal Hasilkan Energi Bersih