Skip Navigation LinksTempat-Olah-Sampah-Sungai-(TOSS)-Kontribusi-Indonesia-Power-dalam-Gerakan-Ciliwung-Bersih

 Tempat Olah Sampah Sungai (TOSS) sebagai Kontribusi Indonesia Power dalam Gerakan Ciliwung Bersih

​Jakarta (27/6) - Berlokasi di Rumah Ciliwung, Tanah Abang, Jakarta Selatan, Indonesia Power sebagai perusahaan energi terpercaya dan handal kembali mencuri perhatian dengan kembali berkontribusi terhadap kegiatan Gerakan Ciliwung Bersih (GCB) melalui program Tempat Olahan Sampah Sungai (TOSS). Program TOSS merupakan sebuah inovasi sebagai solusi permasalahan sampah di bantaran sungai Ciliwung.


Pemanfaatannya sebagai bahan baku energi alternatif berskala komunitas setelah sebelumnya sukses dengan TOSS (Tempat Olah Sampah Setempat) di Bali, BOSS (Biomass Operating System Of Saguling) di Bandung dan JOSS (Jeranjang Olah Sampah Setempat) di Lombok yang turut diinisiasi oleh Supriadi Legino Komisaris Utama Comesttoarra.com.


Dalam sambutanya yang terhubung melalui platform Zoom meeting mengucapkan program TOSS ini sangat membantu masyarakat dalam segi bahan bakar kompor, "TOSS ini mempermudahkan masyarakat untuk mendapatkan bahan bakar kompor. TOSS ini juga akan berhasil jika semuanya saling bergotong royong," ucap Supriadi.


Senada dengan yang diucapkan Supriadi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengutarakan harapannya terhadap program TOSS ini, "Semoga acara yang di gelar melalui platform daring secara video conference ini akan menghasilkan terobosan-terobosan khususnya di bidang pengolahan sampah dan kita berharap pengolahan sampai di sungai dapat memberikan manfaat bukan hanya masyarakat di kawasan bantaran sungai tapi juga bisa dirasakan untuk masyarakat umum lainya,' ujar Anies.


Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial perusahaan di bidang Pelestarian Lingkungan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya melakukan perubahan perilaku untuk menjaga kelestarian lingkungan. Pada kegiatan Gerakan Ciliwung Bersih ini, Indonesia Power tidak pernah absen untuk turut hadir dan melakukan aksi nyata, salah satunya dengan memberikan bantuan untuk produksi TOSS dalam bentuk Gasifier dan Genset.


Dalam statement-nya Direktur Utama Indonesia Power mengucapkan, "PLN dan Indonesia Power sangat welcome dan commit dengan penggunaan renewable energy dan pengembangan komunitas, maka kami yakin jika Indonesia Power akan menjadi leading dalam bidang renewable energy” ujar M. Ahsin Sidqi, Direktur Utama Indonesia Power saat hadir dalam acara Gerakan Ciliwung Bersih (27/6/2020).


Program TOSS ini merupakan bentuk dukungan untuk target pemerintah dalam pengurangan sampah rumah tangga serta penanganan sampah sungai. Dengan diimplementasikannya program TOSS besar harapan penerapan program dapat menyasar target pengurangan sampah rumah tangga yang dicanangkan pemerintah berkurang sebesar 30% dan untuk pemanfaatan dan penanganan sampah meningkat sebanyak 70% di tahun 2025 dapat terpenuhi.


Acara ditutup dengan deklarasi dan penandatanganan prasasti antara GCD dan para mitranya yakni Gubernur DKI Jakarta, Dirjen PPKL Kementrian LHK, PT INDOFOOD, PAM JAYA dan PT Indonesia Power.




Komentar:

Berita Lainnya

  • Tempat Olah Sampah Sungai (TOSS) sebagai Kontribusi Indonesia Power dalam Gerakan Ciliwung Bersih

  • Masker Teman Tuli: Inovasi di Tengah Pandemi

  • Sinergi Indonesia Power dan PAL Masuki Tahapan Keel Laying Proyek BMPP 60 MW Kolaka 1