Skip Navigation LinksPLTD-Senayan-Siap-Beroperasi-Tahun-2019

 PLTD Senayan Siap Beroperasi Tahun 2019

JAKARTA—Kunjungi PLTD Senayan Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Barat PT PLN (Persero) Haryanto WS mengunjungi PLTD Senayan untuk pastikan kesiapan operasi di tahun 2019. PLTD Senayan dibangun sebagai "backup" untuk MRT Jakarta serta disiapkan sebagai cadangan listrik lapis kedua untuk 'black start" sistem emergency. Pembangunan PLTD yang berkapasitas 101 megawatt (MW) ini tengah dalam tahap akhir pembangunan dan direncanakan beroperasi pada Oktober 2019. (8/8)

Dalam kesempatan ini Direktur Utama PT Indonesia Power M. Ahsin Sidqi mengatakan, Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Senayan dibangun untuk meningkatkan keandalan kelistrikan di DKI Jakarta, terutama untuk cadangan lapis kedua Moda Raya Terpadu (MRT).

"PLTD ini sifatnya responsif dan bisa memulai dengan cepat sehingga, apabila terjadi pemadaman total seperti pekan lalu, pemulihannya cepat. Normalisasi dalam hitungan menit bukan  jam," ungkap Ahsin.

Saat ini, aliran utama listrik MRT dari pembangkit di Muara Karang dan cadangan pertama dari pembangkit Tanjung Priok. Sebagai cadangan lapis kedua, PLTD Senayan mempunyai kemampuan operasi 8-10 jam dalam sehari. Selain sebagai cadangan lapis kedua MRT, PLTD ini juga berfungsi sebagai tenaga pemulih sistem kelistrikan (black start power) sistem kelistrikan DKI Jakarta untuk unit pembangkit Muara Karang dan Tanjung Priok saat sistem Jawa-Bali padam total.

GM Unit Proyek PT Indonesia Power I Gusti Ngurah Agung mengatakan, saat ini penyelesaian proyek PLTD Senayan telah mencapai 94 persen. Dengan luas 27.000 meter persegi, PLTD itu terbagi atas 2 blok dengan enam unit pembangkit. Bahan bakar pembangkit itu seluruhnya menggunakan diesel nabati B20 yang emisinya lebih rendah dari solar biasa serta low noise.




Komentar:

Berita Lainnya

  • Indonesia Power Raih Penghargaan Bertaraf Internasional di Ajang Asian Power Awards 2019

  • Indonesia Power Raih 3 Penghargaan di Ajang Asean Coal Awards 2019

  • Indonesia Power Lakukan First Firing PLTD Senayan