Skip Navigation LinksPLTA-Rajamandala-Siap-Suplai-Listrik-Jawa-Bali

 PLTA Rajamandala Siap Suplai Listrik Jawa-Bali

Cianjur - Jum'at (12/7) Indonesia Power gandeng Kementerian ESDM dan PLN gelar Ceremony Commercial Operation Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Rajamandala yang merupakan wujud dari PLN dan Indonesia Power yang berupaya menggenjot pembangunan pembangkit listrik Energi Baru dan Terbarukan (ETB) dalam bauran energi sebesar 23%.

PLTA Rajamandala dengan kapasitas 47 MW yang beroperasi mulai Mei 2019 adalah PLTA program Renewable Energy PLN sesuai dengan Rencana Usaha Penyedia Tenaga Listrik (RUPTL) PT PLN (Persero) 2019-2028. Pembangunan PLTA ini terbentuk melalui kerjasama antara Anak Perusahaan PLN yaitu Indonesia Power (IP) dengan Kansai Electric Power Corp Japan (KEPCO) menjadi PT Rajamandala Electric Power.

Melalui transmisi 150 kV (kilo Volt) Cianjur-Cigereleng PLTA Rajamandala akan memperkuat sistem interkoneksi kelistrikan Jawa - Bali sekaligus sebagai backup system kelistrikan khususnya di wilayah Kabupaten Bandung. PLTA Rajamandala menjadi PLTA yang menggunakan Penstock terbesar di Indonesia dan Spiral Case berbahan beton pertama di Indonesia, selain itu juga merupakan PLTA dengan waterway sistem labirin pertama di Indonesia dengan diameter terowongan terbesar di Indonesia.

Di kesempatan ini turut hadir dan meresmikan PLTA Rajamandala Direktur Aneka Energi Baru dan Energi Terbarukan KESDM Harris, S.T., M.T, Duta Besar Jepang untuk Indonesia H.E. Tadayuki Mayashita, EVP Konstruksi Regional Jawa Bagian Tengah PT PLN (Persero) Dady Murihno, dan Plt Direktur Utama Indonesia Power M.Ahsin Sidqi.

"PLN dan Indonesia Power sangat welcome dan komit dengan penggunaan renewable energy dan pengembangan komunitas, maka kami yakin jika Indonesia Power akan menjadi leading dalam bidang renewable energy" ujar M. Ahsin Sidqi selaku Plt. Direktur Utama Indonesia Power.

Sebagai rangkaian dalam acara peresmian ini dilakukan juga prosesi penanaman pohon kelapa yang melibatkan Anggota Pramuka Kwartir Cabang Cianjur guna untuk mewujudkan bisnis pembangkitan tenaga listrik dengan Aman, Bersih, Hijau, Andal, dan Efisien dan selalu mengedepankan aspek continuous improvement dan inovasi dalam segala hal termasuk pengelolaan Lingkungan ini sehingga melebihi dari yang dipersyaratkan oleh pemerintah.




Komentar:

Berita Lainnya

  • Bangun Pembangkit Terapung, PT Indonesia Power Kerjasama dengan PT PAL

  • Lagi, Indonesia Power Sabet 2 Penghargaan Subroto Award

  • Tingkatkan Kompetensi Operation dan Maintenance, AKOME Jilid 4 Digelar