Skip Navigation LinksMenteri-ESDM-Resmikan-Pembangkit-Listrik-Tenaga-Gas-Dan-Uap-(PLTGU)-Grati-Blok-III-450-MW

 Menteri ESDM Resmikan Pembangkit Listrik Tenaga Gas Dan Uap (PLTGU) Grati Blok III 450 MW

Grati – (26/07) Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, mengunjungi PT Indonesia Power UPJP Perak Grati dalam rangka meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Grati Blok III yang berlokasi di Desa Wates, kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Kedatangan Menteri ESDM ini disambut langsung oleh Direktur Utama PT Indonesia Power M. Ahsin Sidqi dan juga General Manager PT Indonesia Power UPJP Perak Grati, Mulyadi yang dilanjutkan dengan site visit ke area pembangkit di blok III dan turut di dampingi pula oleh Direktur Jenderal Ketenagalistrikan ESDM Rida Mulyana, Plt Direktur Utama (Dirut) PLN Djoko Abumanan, dan Wakil Bupati Pasuruan Gus K.H Mujib Imron.

PLTGU Grati ini memiliki kapasitas 450 MW terdiri dari dua gas turbine yang memanfaatkan gas dan Compressed Natural Gas (CNG) serta satu steam turbine dengan sistem pendingin menggunakan air laut.

Dalam sambutanya Jonan mengucapkan terima kasih kepada PT Indonesia Power, PT PLN, dan semua pihak yang turut mendukung terlaksananya peresmian tersebut, serta mengapresiasi konsep pembuatan proyek PLTGU Grati blok III 450 MW ini. Beliau mengibaratkan konsep pembangunan ini ibarat merakit prakarya, dengan biaya yang rendah mampu menekan harga. Jonan juga berpesan agar efisiensi ini harus tetap diterapkan, dikarenakan semangat dan potensi pembangunan PLTGU Grati ini sangat besar.

Pada kesempatan yang sama, Plt Dirut PLN Djoko Abumanan juga menyampaikan bahwa program ini merupakan bagian dari program 35 ribu MW yang dicanangkan Presiden RI Joko Widodo. PLTGU Grati berperan besar dalam menjaga lingkungan sekitar dengan sistem pembakaraan Dry Low NOx Combuster di PLTGU sehingga menghasilkan emisi NOx (51 mg/m3) yang lebih kecil dibandingkan umumnya.

Peresmian PLTGU Grati ini juga merupakan bentuk wujud nyata dari percepatan program pemerintah dalam merealisasikan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan. Peresmian tersebut dilakukan secara simbolis dengan menekan tombol oleh Menteri ESDM Ignasius Jonan sekaligus penandatanganan Prasasti. Acara peresmian tersebut ditutup dengan berfoto bersama.




Komentar:

Berita Lainnya

  • Indonesia Power Raih Penghargaan Bertaraf Internasional di Ajang Asian Power Awards 2019

  • Indonesia Power Raih 3 Penghargaan di Ajang Asean Coal Awards 2019

  • Indonesia Power Lakukan First Firing PLTD Senayan