Skip Navigation LinksKurangi-Impor-Listrik-dari-Negeri-Jiran-Indonesia-Power-Berhasil-Sinkronkan-PLTU-Kalbar-I-Unit-2

 Kurangi Impor Listrik dari Negeri Jiran: Indonesia Power Berhasil Sinkronkan PLTU Kalbar I Unit 2

Jakarta – Untuk memenuhi kebutuhan pasokan listrik di perbatasan, PT PLN (Persero) melalui anak usahanya berhasil melakukan sinkronisasi perdana (first synchronization) turbin uap Pusat Listrik Tenaga Uap (PLTU) Kalbar I Unit 2 pada Rabu (28/4). Saat ini, PLTU Kalbar I Unit 2 telah resmi terhubung dengan sistem jaringan kelistrikan khatulistiwa Kalimantan Barat. PT PLN (Persero) optimis menargetkan Commercial Operation Date (COD) pada Mei 2021, menyusul PLTU Kalbar I Unit 1 yang telah terlebih dahulu melakukan COD pada Februari 2021. PLTU Kalbar I merupakan bagian dari Mega Proyek 35.000 MW dengan lingkup membangun PLTU Batubara dengan kapasitas  2 X 100 MW nett dan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 Kv sepanjang 23 km. 

PLTU Kalbar I akan meningkatkan keandalan kelistrikan daerah perbatasan Kalimantan Barat. PLTU Kalbar I yang berkapasitas daya 200 MW akan memberikan kontribusi sebesar 50% dari beban puncak di Kalimantan Barat. Dengan begitu, PT PLN (Persero) dapat mengurangi impor listrik dari Negeri Jiran yang selama ini dilakukan. Selain itu, proyek ini diharapkan dapat menurunkan Biaya Pokok Produksi (BPP) listrik Regional Kalimantan dan PT PLN (Persero) secara korporat.

“Indonesia Power dengan bangga mempersembahkan pembangkit terbaru yang paralel kemarin tanggal 28 April 2021. Pembangkit itu adalah Kalbar I yang dimiliki dan dikelola oleh PT GCL Indotenaga, yaitu anak usaha PLN. Pembangkit berkapasitas 2 x 100 MW akan menjadi andalan di Kalimantan Barat yang akan menumbuhkan industri dan menyejahterakan masyarakat di sana. Pembangkit yang berada di perbatasan ini memiliki arti penting, dapat mengurangi bahkan menghentikan impor listrik dari negeri seberang. Selamat dan sukses Kalbar I,” tandas M. Ahsin Sidqi, Direktur Utama PT Indonesia Power.





Komentar:

Berita Lainnya

  • Indonesia Power Paparkan Potensi Clean Energy di Kelas Perdana Kampus Merdeka

  • Aksi Indonesia Power Berhasil Transplantasi 1.000 Bibit Karang

  • 39 Tahun Beroperasi, PLTP Kamojang Konsisten Andal Hasilkan Energi Bersih