Skip Navigation LinksIndonesia-Power-Raih-Proper-Emas-Dari-Kementerian-Lingkungan-Hidup-Dan-Kehutanan

 Indonesia Power Raih Proper Emas Dari Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan

JAKARTA – PT Indonesia Power meraih penghargaan tertinggi dalam kinerja pengelolaan lingkungan (Proper) dalam pemeringkatan periode 2017—2018. Sebagai salah satu anak usaha PT PLN (Persero), PT Indonesia Power melalui salah satu Unitnya yaitu Unit Pembangkitan Bali meraih penghargaan Proper Emas. Penghargaan ini diterima oleh Direktur Utama IP, Sripeni Inten Cahyani, yang diberikan di Jakarta, Kamis (27/12).

Proper Emas sebagai peringkat tertinggi dari penilaian proper merupakan bukti upaya berkelanjutan Indonesia Power dalam bidang lingkungan, efisiensi energi serta pengembangan dan pemberdayaan masyarakat artinya Perusahaan telah menerapkan pengelolaan lingkungan secara menyeluruh dan berkesinambungan. Program unggulan CSR Indonesia Power adalah program TOSS (Tempat Olah Sampah Setempat) yang memberdayakan masyarakat sekitar untuk mengolah sampah menjadi "pellet" yang bisa dimanfaatkan untuk bahan bakar kompor untuk memasak, bahkan ke depannya bisa dimanfaatkan untuk campuran batubara low rank sebagai energi primer pembangkit listrik. Selain TOSS terdapat program unggulan CSR Indonesia Power lainnya yaitu Sekehe Srati Yadnya Santhi, Tukik Saba Asri, Lembu Putih Taro.

Menanggapi penghargaan ini Sripeni Inten Cahyani , Direktur Utama Indonesia Power,  mengatakan "Ini adalah suatu capaian yang membanggakan , dan menunjukkan komitmen kuat dari korporasi untuk senantiasa menyelenggarakan bisnis pembangkitan tenaga listrik dengan Aman, Bersih, Hijau, Andal, dan Efisien, pencapaian luar biasa ini merupakan hasil kerja keras dan kerja sama solid jajaran manajemen dan seluruh karyawan Indonesia Power (IP) yang selalu mengedepankan aspek continuous improvement dan inovasi dalam segala hal sehingga melebihi dari yang dipersyaratkan oleh pemerintah".

Selain anugerah Proper Emas ini, 11 (sebelas) unit (IP) juga menerima penghargaan Proper Hijau dan 2 (dua) unit menerima Proper Biru. Proper merupakan program penilaian peringkat kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidupdan merupakan program unggulan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang dikembangkan sejak 2002 bertujuan mendorong tingkat ketaatan perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup sekaligus mendorong inovasi dalam pengelolaan sumber daya alam (SDA) dan pemberdayaan masyarakat di sekitar lokasi.

Perusahaan yang mendapatkan peringkat Proper Hijau artinya perusahaan tersebut telah berhasil taat terhadap peraturan perundangan baik pelaksanaan dokumen lingkungan/studi lingkungan, pengendalian pencemaran air, pengendalian emisi udara dan pengelolaan limbah B3 dan telah menerapkan sistem manajemen lingkungan yang baik juga melakukan program-program inovasi yang menggunaan sumber daya energi secara efisien, menurunkan emisi gas rumah kaca, melakukan konservasi air, dan berhasil menurunkan dan memanfaatkan limbah B3.

Kami secara konsisten menerapkan beyond compliance melalui program inovatif berkelanjutan yang kami laksanakan secara terus menerus kepada masyarakat." Pungkas Inten.




Komentar:

Berita Lainnya

  • Terus Berlanjut, Keseriusan Indonesia Power dalam Pengelolaan TOSS To Energy dan Pengembangan EBT

  • PLTD Senayan Siap Beroperasi Tahun 2019

  • PT Indonesia Power dan Kejaksaan Tinggi Tandatangani MoU Untuk Kelancaran Kelistrikan Nusantara