Skip Navigation LinksIndonesia-Power-Lakukan-First-Firing-PLTD-Senayan

 Indonesia Power Lakukan First Firing PLTD Senayan

Jakarta-(22/8)Meningkatnya konsumsi listrik di Jakarta menggerakkan PT Indonesia Power sebagai anak perusahaan PT PLN(Persero) lakukan percepatan pembangunan kembali "New Senayan" Power Plant(PLTD Senayan). Dan pada tanggal 22 Agustus 2019 PT Indonesia Power lakukan penyalaan pertama(first firing) Pembangkit Listrik Tenaga Diesel(PLTD) senayan. Plt. Direktur Utama PT Indonesia Power Ahsin Sidqi berkesempatan membuka acara penyalaan pertama (first firing).

Dalam sambutannya, Ahsin menyampaikan bahwa PLTD Senayan sebenarnya dibangun pada 1962 di masa pemerintahan Presiden Soekarno guna mendukung perhelatan olahraga Asian Games yang ke-4. Mesin yang digunakan pada waktu itu berasal dari Rusia dengan kapasitas 16 MW, yang memasok kebutuhan listrik di gedung DPR/MPR, TVRI Pusat dan Istora Senayan.

Proses first firing merupakan tahap pertama kalinya penyalaan seluruh peralatan, sebelum nantinya dilakukan komisioning dan sinkronisasi ke sistem ketenagalistrikan. PLTD Senayan yang berkapasitas 10MW ini direncanakan beroperasi pada bulan oktober 2019 dan siap meningkatkan keandalan sistem kelistrikan jakarta khususnya sistem kelistrikan MRT(Mass Rapid Transportation).

Pada prinsipnya PLTD Senayan akan Standby Operasi sebagai Back-up Emergency untuk MRT dan sebagai Black Start Power jika terjadi Blackout pada sistem kelistrikan Jawa-Bali. PLTD senayan dinilai sangat cocok sebagai Backup Emergency dikarenakan Pembangkit Listrik ini menggunakan mesin diesel yang cirikhasnya lebih cepat beroperasi dan lebih cepat sinkron(masuk sistem) dibandingkan pembangkit listrik lainnya.




Komentar:

Berita Lainnya

  • Indonesia Power Raih Penghargaan Bertaraf Internasional di Ajang Asian Power Awards 2019

  • Indonesia Power Raih 3 Penghargaan di Ajang Asean Coal Awards 2019

  • Terus Berlanjut, Keseriusan Indonesia Power dalam Pengelolaan TOSS To Energy dan Pengembangan EBT