Skip Navigation Links39-Tahun-Beroperasi,-PLTP-Kamojang-Konsisten-Andal-Hasilkan-Energi-Bersih

 39 Tahun Beroperasi, PLTP Kamojang Konsisten Andal Hasilkan Energi Bersih

Pembangkt Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Kamojang adalah bagian penting sejarah perjalanan kelistrikan di tanah air. Jejak kehadirannya dimulai pada tahun 1918, tahun di mana wabah flu spanyol mengguncang dunia seperti pandemi COVID-19 saat ini.

Saat ini, dikenal dengan nama PLTP Kamojang Power Generation and O&M Services Unit (POMU) menghasilkan total kapasitas daya sebesar 375 MW. Total kapasitas daya tersebut merupakan integrasi dari PLTP Kamojang dengan kapasitas daya yang dihasilkan mencapai 140 MW, PLTP Darajat 55 MW dan PLTP Gunung Salak 180 MW.

PLTP Kamojang POMU mengelola 7 (tujuh) unit PLTP antara lain 4 (empat) unit PLTP Darajat dan PLTP Gunung Salak, serta unit PLTP Ulumbu yang terletak di Nusa Tenggara Timur.

PLTP Kamojang POMU menjadi salah satu andalan kelistrikan nasional yang dimiliki PT PLN (Persero). Operasi dan pemeliharaan terus dilakukan melalui PT Indonesia Power sebagai anak usaha PT PLN (Persero). Selama dikelola oleh PT Indonesia Power, PLTP pertama di Indonesia ini menunjukkan kinerja terbaiknya. Hal tersebut dibuktikan dengan  kapasitas produksi PLTP Kamojang POMU mencapai 2.778 MWh.

Dari aspek lingkungan hidup, PLTP Kamojang POMU rutin memenangkan berbagai penghargaan, baik di tingkat provinsi maupun nasional. PLTP Kamojang POMU mendapatkan penghargaan PROPER Hijau  dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sejak tahun 2008 hingga 2018. Tak berhenti, PLTP Kamojang POMU memperoleh prestasi lebih tinggi dengan meraih PROPER Emas dari KLHK 2 tahun berturut-turut, 2019-2020. Pencapaian ini merupakan bukti PLTP Kamojang POMU menerapkan pengelolaan lingkungan secara menyeluruh dan berkelanjutan.

Kehadiran PLTP Kamojang POMU tidak hanya mendukung kelistrikan nasional yang terus berkembang dan dipercaya keandalannya. Tetapi ia juga menghadirkan energi yang menggerakkan masyarakat lokal  untuk bisa berdaya dan mandiri, menggerakkan perekonomian lokal masyarakat Kamojang, menggerakkan ekonomi negeri.





Komentar:

Berita Lainnya

  • Indonesia Power Paparkan Potensi Clean Energy di Kelas Perdana Kampus Merdeka

  • Aksi Indonesia Power Berhasil Transplantasi 1.000 Bibit Karang

  • Dorong Realisasi Herd Immunity, IP Gelar Vaksinasi Massal