Skip Navigation LinksProgram-Ketaatan-Lingkungan

Program Ketaatan Lingkungan


Pengelolaan Lingkungan PT Indonesia Power

program 1.jpg

Indonesia Power memiliki komitmen yang kuat terhadap pengelolaan lingkungan hidup demi terciptanya lingkungan yang aman dan nyaman serta bisnis Perusahaan yang berkesinambungan. Ketentuan mengenai Pengelolaan Lingkungan diatur dalam Keputusan Direksi Nomor 41.K/010/IP/2012 tentang Kebijakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan di PT Indonesia Power. Pelaksanaan program pelestarian lingkungan yang diselenggarakan oleh Indonesia Power diterapkan berdasarkan standar nasional maupun internasional. Pada tingkat nasional, Indonesia Power melakukan pemantauan dan pengelolaan lingkungan sesuai ketentuan Rencana Pengelolaan/Pemantauan Lingkungan Hidup (RKL/RPL) yang diterbitkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) dan Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Provinsi dan Daerah yang harus dipenuhi oleh masing-masing Unit. Pada tingkat internasional, Indonesia Power menerapkan Sistem Manajemen Lingkungan yang mengacu kepada ISO 14001 yang selanjutnya pada tahun 2014 di integrasi ke dalam Integrated Manajemen System (IMS) secara berkelanjutan dan penerapan manajemen aset yang telah mendapatkan sertifikat melalui asesmen bertaraf internasional yaitu Publicly Available Specification (PAS) 55. Penerapan ISO 14001 juga di lakukan pada seluruh unit.

Dalam menjalankan kegiatan operasionalnya, Indonesia Power menggunakan batu bara, minyak bumi dan gas. Namun, pada saat bersamaan, Indonesia Power menyakini bahwa penggunaan bahan bakar fosil seperti batu bara, minyak bumi dan gas bumi itu secara terus menerus dapat memicu perubahan iklim dunia. Hal itu karena karbondioksida yang dihasilkan bahan bakar fosil dalam kegiatan operasi Perusahaan dapat berdampak pada penambahan emisi karbon ke atmosfer dan meningginya suhu iklim dunia.

Atas dasar itu, Indonesia Power menerapkan pendekatan/strategi konseptual tentang pengelolaan lingkungan hidup, yaitu dengan berkomitmen untuk terus berupaya melakukan efisiensi terhadap kegiatan operasional. Pendekatan/strategi konseptual baru ini penting karena secara langsung akan berdampak pada pengurangan pemakaian energi fosil serta menciptakan lingkungan yang lebih sehat. Penggunaan energi baru dan terbarukan juga menjadi salah satu cara untuk terus menekan konsumsi bahan bakar fosil dan operasi Perusahaan yang lebih ramah lingkungan.

Green Power Plant

Sebagai upaya untuk menunjang Misi PT lndonesia Power yaitu "Menyelenggarakan Bisnis Pembangkitan Tenaga Listrik dan Jasa Terkait yang Bersahabat dengan Lingkungan, maka diperlukan penjabaran penerapannya untuk memastikan keberlanjutan Perusahaan secara jangka panjang (Sustainability Business) dengan upaya nyata dalam bentuk aktivitas operasional unit yang menggambarkan Green Power Plant. Melalui Keputusan Direksi Nomor : 249 .K/010/lP/2015 tentang Pedoman Penerapan Green Power Plant Di Lingkungan PT Indonesia Power, seluruh unit pembangkit PT Indonesia Power bersinergi untuk menerapkan Green Power Plant.

program 2.png

Green Power Plant adalah Perusahaan Pembangkit Tenaga Listrik yang beroperasi secara andal, aman dan ramah Lingkungan yang berhasil meningkatkan benefit, baik terhadap ekonomi, social maupun Lingkungan guna mendukung keberlanjutan usaha secara jangka panjang.

 

Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) 2016

Hasil implementasi pedoman Green Power Plant terwujud dalam pencapaian Kinerja pengelolaan Lingkungan melalui penghargaan PROPER. Berdasarkan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor SK.892/Menlhk/Setjen/STD.0/12/2016 tentang Hasil Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup tahun 2015-2016, menyatakan bahwa dari 15 Unit Pembangkit PT Indonesia Power yang telah terdaftar dalam penilaian PROPER yang berhasil memperoleh Peringkat Hijau adalah sebanyak 9 Unit (60 %) dan memperoleh Peringkat Biru sebanyak 6 Unit. Dengan tidak adanya unit Pembangkit yang mendapatkan peringkat Merah, hal ini menunjukkan bahwa seluruh Pembangkit PT Indonesia Power telah taat dan memenuhi seluruh ketentuan dalam Pengendalian dan Pengelolaan Lingkungan.

program 3.png

program 4.jpg



                       program 5.jpgprogram 6.png